KKL- Surabaya

by - 5:44 PM

5 hari kemarin adalah hari spesialku untuk menghabiskan waktu liburan tenang di Jawa Timur. ya, dalam rangka kuliah kerja lapangan ilmu perpustakaan 2011 dari kelas a sampe d, berbondong-bondong menyambangi kota surabaya dan malang.

Berangkat pada hari minggu (23/6) dengan menaiki 4 bus yang masing-masing dibagi perkelas. pertama-tama kumpul terlebih dahulu di GSG untuk melakukan upacara pemberangkatan. jarkomnya jam empat, namun upacara dimulai pukul lima. setelah itu berangkat pukul 18.30.


berangkat melewati jalur utara. demak,kudus,pati.. dst. sayang banget, pas sampai di pati, macet panjang gak ketulungan. aku duduk disamping jendela, senantiasa menikmati perjalanan malam ini dengan menggunakan headset ditelinga sambil mendengarkan lagu-lagu... entah kenapa, setiap kali melakukan perjalanan panjang seperti ini, playlist di hape aku isi dengan lagu-lagu yang condong ke mellow. bukan karena suasana hati yang lagi mendayu-dayu, tapi menikmati jalanan dengan lagu yang melankolis membuatku lebih nyatu dengan jalanan.

perjalanan yang memakan waktu sampai semalaman, akhirnya pukul 18.00 rombongan ilpus'11 sampai ke tempat transit di wisma sebuah sekolah tinggi yang terletak di Surabaya. perkamar dibagi lima orang. ini hanya transit, untuk mandi saja. namun karena bergantian.. aku yang mendapatkan giliran mandi terkahir aku manfaatkan untuk rebahan dikasur sebentar sambil nonton tv yang telah disediakan di kamar tersebut.

setelah semua beres, aku dan kawan-kawan sekamar transit ini meluncur kebawah lantai satu untuk sarapan. what the hell.. sesampainya di ruang makan, ternyata sudah pada habis makanannya. (headdesk!). memang makanan yang disediakan sedikit atau kami yang terlalu lama menikmati kamar transit sehingga tidak kebagian lawuh?  yang tersisa hanya kuah-nya saja! well, lawuhnya adalah daging kambing. dan, untungnya.. aku adalah anti kambing. tak masalah, tapi yang masalahnya adalah aku hanya makan dengan kuah gulai! ya amun, aku termasuk dari anti gulai ini dengan sangat terpaksa menuntaskan kelaparan dari perut, makan juga. terpaksa. catet ya, terpaksa.

kunjungan pertama adalah ke perpustakaan dan arsip kota surabaya. disini, kami disambut dengan baik oleh pustakawan dan tenaga kerja di perpustakaan. perpustakaannya sangat bagus, easy looking dan terdapat meacam-macam bahan pustaka. hal yang menarik dari sini adalah adanya 3 game seperti di timezone untuk anak-anak, serta ruang bermain untuk anak-anak ditata rapi sedemikian rupa dengan hiasan warna-warni dan gambar angrybird melapisi tembok ruangan tersebut. keren!

lalu kami berkumpul lesehan mendengarkan pustakawan disini menjelaskan detail tentang perpustakaan tersebut. serta kami ditunjukan video profile tentang perustakaan itu. setelah itu sesi tanya jawab secara umum dimulai. lalu, tanya jawab dipersemit lagi sesuai bidang maing-masing pustakawan, jadi kelompok ini-itu dikumpulin jadi satu kepada beberapa pustakawan untuk menanyakan data yang lebih detail tentang tugas masing-masing kelompok.

aku yang mendapat kelompok promosi melayangkan beberaa pertanyaan kepada pustakwan disana. namun, ada hal yang membuat aku keki.. terkadang pertanyaan yang aku tanyakan padahal belum dijawab sepenuhnya oleh pustakawan itu, diserobot oleh kelompok lain. its very annoying isnt it?


setelah puas mengunjungi perpustakaan dan arsip suarabaya, kami beranjak ke perpustakaan universitas kristen petra. perpustakaan yang berada dilantai enam haru membuat kami rela untuk mengantri lift. tapi, aku dan cecepuh yang ingin mencoba hal lain.. maksud hati tak ingin berdiri terlalu lama didepan lift, jadi kami pun menaiki anak tangga sampai ke lantai enam! keringat mengujur dengan deras disekujur tubuh, sampai pada akhirnya  duduk di auditorium perpustakaan kristen petra, dan sirkulasi udara dingin dari AC pun menyejukan. untungnya, aku dan cepuh sampai disana dengan cepat dan tepat.. karena, yang terakhir memasuki ruangan ini tidak mendapat tempat duduk. pada lesehan dan berdiri sepanjang pengenalan tentang profile perpustakaan kristen petra berlangsung. haahaha *devillaugh. untung ya.. duduk dengan nikmat, selonjorin kaki :D

perpustakaanya cukup menarik. sukak banget sama perpustakaan di universitas kristen petra. nyaman, 





You May Also Like

0 comments

silahkan berkomentar sesuka hati disini..