ekspedisi pulau panjang matrapala #chapter3 #final

Minggu 16 september 2012. Hari ketiga dimana kami beradu dengan alam.. masih di pulau panjang. Deru ombak yang menggebu-gebu membangunkan kami dari tidur lelap dan matahari menyingsingkan cahayanya melalui pohon-pohon.
Ini hari terakhir kami berada disini. rencananya kami akan pulang ! pulang ke Tembalang membawa sejuta cerita yang ada.
Rutinitas pagi yang harus ada,Masak, sarapan, ketawa haha-hihi. Ya seperti itulah.. bangun pagi langsung masak kemudian sarapan bersama. Menu pagi ini adalah mie-instan.. lagi dan lagi.
Lalu kami menata semuanya. Membereskan apa yang perlu di bereskan. Bersih-bersih tenda dan lingkungan sekitar.. serta packing !
Setelah semua dirasa cukup, semua beres.. kami melanjutkan perjalanan pulang ! bapak nelayan yang mengantarkan kami menelpon kalau kami harus sudah siap bila kapalnya datang. Jam sepuluhan kapal bapak nelayan itu datang. Kemudian kami capcuz menuju ke pantai kartini.
Dari pantai kartini kami jalan kaki menuju pertigaan tempat dimana bis biasa lewat. Jarak yang lumayan panjang, tapi tak masalah, karena kami bersama, capeknya gak berasa.
Kami menunggu bis agak lama. Karena kebanyakan yang lewat itu bis jepara-kudus.. bis jepara-semarang jarang lewat. Mengingat ini hari minggu, jadi jarang.
Akhirnya setelah lama menanti, dapat bis semarang juga. Yeay.. kami pulang. Perjalanan yang memakan waktu kurang lebih dua jam. Perjalanan pulang ini di manfaatkan untuk sejenak melepas rasa kantuk. Tidur didalam bis.
Bis jepara-semarang hanya sama di Terboyo saja, gak bisa langsung mengantarkan kami ke Tembalang. Jadi di Terboyo kami naik bis lagi yang bisa menuju ke Tembalang. Alhamdulillah.. kami dapat bus AC. Harganya pun terjangkau.
Dan di dalam bis ini kami serta merta membahas soal nama angkatan yang akan menjadi nama bersejarah kami. Lalu, terpilih pun collocalia fuchipaga yang bahasa resminya adalah walet sarang madu. Itu kami banget !! ya begitulah..
Sampai Tembalang kami menunggu jemputan di patung kuda. Karena perintah awal adalah jam tiga sore harus sudah ada di patung kuda dan nanti di jemput sama PH (pengurus harian) matrapala. Dari PH yang bertugas untuk menjemput kami adalah mba riskak sama bang galih. Kemudian kami disuruh untuk segera menempatkan diri di GSG dengan waktu yang ditentukan..
Lalu kami jalan kaki dari patung kuda sampai GSG. Di GSG dapat tugas lagi dari PH, harus mencari 7 tanda tangan ketua mapala se-undip dan cap mapala, di kasih waktu sampe jam setengah lima.
Setelah sekian lama mencari akhirnya sampe waktu yang ditentukan plus tambahan waktu sampe jam setengah 6,  cuman dapat 2 tanda tangan saja. Dari archidipala sama mapateksi.
Karena ketidak-sanggupan kami mendapatkan 7 tanda tangan n cap mapala lain, kena seri deh !
Semakin malam penderitaan kami pun makin bertambah. Seri seri back –up.. menjadi makan malam kami. Setelah itu presentasi mengenai apa yang kami lakukan di pulau panjang. Hasilnya bagaimana kami utarakan. Di pimpin oleh Abi sang ketua Ekspedisi.
Nah.. kemudian ini adalah klimaks dari cerita ini. terjadi sebuah pertikaian.. oh bukan , atau lebih kerennya disebut.. pemberontakan.
Sebenarnya begini ya, kita udah capek , waktu juga sudah menunjukan larut malam, tapi proses pelantikan ini belum selesai juga, lalu, kita bisa apa? Selain, ngambek pada kakaknya, dan pulang begitu saja.
Haha.. bahkan adegan termehek-mehek pun mendominasi malam ini. si bekti lari duluan dengan tangis yang mendera, kemudian kita berlari mengejarnya dan memberi pengertian.. sampai akhirnya kakak-kakak ikut ambil allih keadaan dan ngasih pengertian ke kita.
Akhirnya, setelah kita mengucapkan keinginan kta masing-masing… upacara pelantikan pun dimulai. Dan, dengn air kembang tak lupa mencium bendera, kita.. collocalia fuchipagi resmi menjadi anggota penuh matrapala undip.
Senang, haru.. karena proses yang terlalu lama, kita sudah naik pangkat dari anggota muda menjadi anggota penuh !selamat buat kita-kita semua..