Bijak Menggunakan Instagram: Film Ingrid Goes West (2017)

by - 9:14 PM

Anak zaman now pasti sudah akrab banget dengan sosial media yang menurutku sangat addictive, yakni instagram. Melalui media sosial tersebut kita bisa "pamer" kegiatan kita dengan menggungah foto-foto yang eyecatching dan tak lupa mencantumkan caption dibawah foto. Kita berharap dapat love-love yang banyak. Jujur aja, yakan? Kita juga bisa memfollow akun-akun yang kita suka. Tak jarang, yang kita follow selain teman sendiri karena merasa nggak enak kalau  gak difollow ,  kita juga follow beberapa selebgram ngehits yang kehidupannya terlihat sempurna kalau dilihat dari foto-foto yang diunggahnya. Tak ayal, kadang kita merasa hidup kita ini nggak ada apa-apanya dengan mereka yang sering upload foto di instagram dengan memamerkan kebahagiaan mereka. 

Well,Well, c'mon guys. Semua itu hanya ilusi semata. Jangan terlalu larut dengan instagram. Sometimes, if we can' handle it, it could be toxic for our mentality! 




Hal ini pula terjadi dengan Ingrid Thorburn. Dalam film yang berjudul Inggrid Goes West, Ingrid adalah seorang pengguna instagram yang kurang bisa mengontrol dirinya. Ia terobsesi dengan Taylor Sloane, seseorang influencer di instagram.

Taylor sering menggugah foto-foto keren di instagram, maklum ia adalah photografer jadi foto yang diunggah pun terlihat instagramable banget. Seolah-olah menunjukan bahwa dirinya itu memiliki kehidupan yang sempurna. 

Kemudian Ingrid pindah ke West Coast untuk lebih dekat dengan Taylor. Banyak cara yang ia lakukan untuk berteman dengan Taylor. Bahkan, Ingrid yang terobsesi dengan Taylor rela melakukan apapun untuknya demi agar bisa dekat dengannya. Lalu, Inggrid pun mengikuti gaya rambutnya, cara dia berfoto,mengunjungi tempat makan favoritnya. 

Hal ini diketahui oleh Nicky, adik Taylor. Nicky merasa ada yang aneh dengan Ingrid. Kemudian, ia memintanya untuk menjauhi Taylor. Namun, Ingrid tak mau. Ia pun melakukan hal ekstrim untuk memberi pelajaran kepada Nicky. 

Nicky pun menceritakan semua perlakuan Ingrid terhadapnya dan membuat Taylor kesal lalu ia pun meminta Ingrid untuk tidak menemuinya lagi. 

Berkali-kali Ingrid meminta supaya Taylor mau berteman dengannya lagi, tapi Taylor tetap keukeuh. Hal itu membuat Ingrid yang sudah depresi kian menjadi-jadi. Hingga akhirnya ia melakukan perbuatan gila yang dapat menyakiti dirinya. She tried to kill herself, tapi sebelumnya ia mengucapkan pesan-pesan terakhir melalui video dan diunggahnya di instagram. Fenomena jaman sekarang *geleng-geleng kepala*

Ternyata, Dan Pinto segera menyelamatkan Ingrid dengan menelpon 911. Ketika sadar, Ingrid sudah ditangani dengan baik dirumah sakit. Banyak sekali hadiah dari followers Ingrid yang memberikannya semangat, karena video yang diunggah Ingrid menjadi viral. Hastag #iamingrid menjadi penyemangat untuk terus menjalani hidupnya dengan baik.

Ingrid pun menyadari, ia tidak sendirian. Banyak yang peduli dengannya. 

**
Film ini meraih rating 6,7/10 i imdb. Film ini dibintangi oleh Aubrey Plaza, Elizabeth Olsen, O'Shea Jackson Jr dll.

Film ini menggambarkan fenomena jaman sekarang yang banyak melakukan hal-hal diluar nalar akibat sosial media. Jika kita tidak bijak menggunakan sosmed, yang bakal rugi adalah diri kita sendiri. 

Kita perlu adanya batasan untuk tidak terlalu hanyut dalam linimasa sosial media. Kita hidup di dunia nyata, sosial media hanya platform untu komunikasi dan mencari hiburan semata. Bukan malah menghancurkan dirimu! 

Sempet kemarin mau coba Detox Instagram, seperti yang dilakukan Eva Celia. Ia berhasil 2 minggu tidak buka instagram. Hasilnya adalah ia makin bahagia, ia lebih fokus dalam berbincang langsung dengan teman-temannya, dan dia tidak mengalami keresahan. Dan aku pun turut mencoba, Baru 3 hari saja rasanyaa... gatel pengen scrolling-scrolling. Angkat tangan! Emang, instagram addcited banget, apalagi kalau lagi bosen gitu enaknya scrolling timeline sambil liat ungahan-unggahan foto :D



You May Also Like

12 comments

  1. Sungguh sesuatu yang berlebihan memang mencemaskan.
    Kita harus bisa membatasi diri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, kita mesti tau takaran masing2 dalam penggunaan sosial media

      Delete
  2. wah mesti nonton juga nih, kayaknya banyak pesann bagus di situ ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kudu banget. asli, ini film nggak ngebosenin

      Delete
  3. wah aku sudah donlot film ini tapi belum sempat nonton euy

    ReplyDelete
  4. artikel yang bagus gan,bisa menambah wawasan . thanks
    kunjungan dari softkini.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  5. Wah bisa nih buat tontonan nanti malam, tema ceritanya menarik banget! :D memang Instagram itu toxic banget, sering bikin minder :( aku juga pernah detox Instagram, tapi sama... Gagal :')

    ReplyDelete

silahkan berkomentar sesuka hati disini..