Bakti Soial 2012 KSR PMI Unit UNDIP

by - 9:55 AM


Jum’at, 28 September para amd 15 beranjak ke Sayung demi melakukan sebuah misi yaitu Bakti Sosial.  Rombongan di bagi menjadi 2 kloter pemberangkatan. Kloter pertama berangkat pukul 16.00, dan kloter kedua berangkat pukul 18.30.
Pada malam ini para amd15 melakukan persiapan untuk kegiatan bakti sosial yang akan diadakan sabtu, 29 september 2012.  Tak banyak kendala yang didapat dalam melaksanakan persiapan ini.
Keesokan harinya, sabtu tanggal 29 september 2012, kegiatan dimulai. Kegiatan pertama adalah upacara pembukaan yang diadakan di lapangan SD Bedono 3. Upacara ini diikuti oleh para amd 15 dan juga para undangan dari unit ksr lain.  Selain itu, kepala sekolah sd 3 Bedono, kepala Desa Bedono, serta perwakilan dari PMI Demak, ikut memberi sambutan dalam upacara pembukaan ini.
usai melakukan  upacara pembukaan, kegiatan berikutnya adalah SD Ceria. Para siswa kelas 4,5 dan 6 dari Sd Bedono 3, mengikuti kegiatan ini . pertama adalah penyuluhan tentang cara mencuci tangan yang benar dan cara gosok gigi yang baik. Penyuluhan yang diisi oleh Kak Mito (D13) ini sangat menarik perhatian para siswa. Mereka semua sangat antusias dengan materi-materi yang diberikan.
Dilanjut dengan perlombaan  untuk anak-anak, yang diantaranya adalah lomba kelereng, goyang balon dan memasukan pensil dalam botol. Para siswa dibagi menjadi 6 kelompok dan mereka sangat senang menikmati perlombaan ini.
Selain kegiatan SD ceria, kegiatan berikutnya adalah penanaman mangrove. Lokasinya berada di dekat SD Bedono 3.  Para amd15, diklat atas, serta para undangan dari ksr unit lain ikut melaksanakan penanaman bibit mangrove. Tak hanya itu saja, anak-anak kecil juga turut serta membantu penanaman bibit mangrove.
                Kegiatan penanaman bibit mangrove ini dilakukan guna mencegah abrasi air laut yang sering naik ke permukaan.
                Malam hari, kegiatan masih berlangsung dengan penyuluhan tentang pendayagunaan mangrove. Selain itu juga diadakan demo masak dengan menggunakan bahan dasar yang diambil dari buah mangrove. Penyuluhan ini ditujukan untuk masyarakat sekitar Bedono bahwa betapa pentingnya mangrove untuk kehidupan.
                Serta demo masak yang dilakukan menggunakan buah dari mangrove, dan membuat klepon dan bolu. Buah mangrove digunakan sebagai pewarna makanan alami. Diharapkan masyarakat sekitar bisa mengambil manfaat dari pohon mangrove, bahwa selain untuk mencegah abrasi, buahnya juga bisa digunakan sebagai pengolah makanan.
                Minggu, 30 September 2012 adalah puncak dari bakti sosial amd15. Kegiatan pada hari ini adalah pengobatan gratis dan sembako murah. Lokasi kegiatan ini dilakukan di dua tempat berbeda, di desa Bedono dan Mondoliko.
                Para warga sangat antusias dengan kegiatan ini. para lansia dan anak-anak adalah yang banyak mengikuti pengobatan gratis ini. tak lupa, mereka juga mendapatkan obat atas penyakit yang mereka derita.
                Semboko murah juga demikian, warga sangat senang. Hanya dengan membawa uang Rp. 10.000 saja, warga bisa mendapatkan sembako yang harganya terjangkau.
                semoga kegiatan bakti sosial ini dapat bermanfaat baik bagi warga Desa Bedono dan Mondoliko serta meberikan kebahagiaan dan senyuman di wajah mereka J
               


You May Also Like

0 comments

silahkan berkomentar sesuka hati disini..