Explore Jatim Park 1

Perjalanan tahun baru 2020-ku di Malang tidak hanya di Coban Rondo saja. Setelah kita puas jalan-jalan kesana, kami mulai check ini ke hotel tempat kami menginap. Kami menginap di Hotel Radho Syariah  yang berlokasi di Klojen, Malang.

Aku, Ivo, Syitha dan Ingga satu kamar. Karena kami berempat jadi kamarnya luuas banget. Mau tambah extra bed malas, jadi 3 kasur itu di pepetin jadi satu. Alhasil, kami kruntelan deh berempat. Tapi masih cukup banyak.

Nah, malamnya nih jadwalnya free. Kami tidak ada kegiatan sama sekali. Akhirnya kami sekamar memutuskan untuk jalan-jalan ke Mall, ditambah personil ada Faris, Ali dan Ulin. Kami ke Transmart Malang dan Malang Town square. Niatnya mau cari makan malam, tapi di mall kita cuma muter-muter saja :D ujung-ujungnya makannya di penyetan lamongan. Memang Lamongan ni tuh merakyat, semua pasti doyan.

Keesokan harinya kami menuju ke Jatim Park 1. Disini banyak sekali wahana untuk hiburan dan ilmu pengetahuan teknologi. Keluar dari taman ini, dijamin wawasan kita akan bertambah. Areanya pun cukup luas sekitar 22 hektar.

Sebelum masuk kedalam, kita akan dibagi sebuah peta lokasi beserta wahana apa saja didalamnya. Terdapat 3 zona. Zona pertama adalah wahana bertemakan edukasi dan taman belajar. Zona dua adalah tempat rekreasi dan taman bermain. Zona ketiga adalah pasar. Jadi terdapat pasar buah dan tempat untuk pembelian oleh-oleh, ada juga foodcourtnya.

Setelah antri untuk pengecekan tiket, kita akan disambut oleh patung yang menggambarkan beberapa orang tengah melakukan ritual. Bisa dilihat dari gambar ada tumpeng nasi kuning yang menjulang serta buah-buahan.

Perjalanan selanjutnya, ada replika keanekaragaman budaya Indonesia. Ada replika tarian dan baju adat, rumah adat di berbagai daerah di Inonesia. Hal ini menggambarkan bahwa ndonesia tuh kaya banget! Kita seharusnya bangga dengan budaya Indonesia yang beragam namun kita tetap satu jua. Hebat. Selama perjalanan ini hatiku berdesir, inginku keliling Indonesia untuk melihat langsung kebudayaan Indonesia. Semoga, bisa terwujud. Aamin.

Next, rute berkutnya adalah Indonesia Heritage Museum. Disini kita akan memasuki jaman kerjaan di Indonesia. Ada replika senjata-senjata yang digunakan ketika jaman kerajaan, tokoh wayang serta artefak pada jaman tersebut.

Keluar dari Indonesian Heritage Museum, kita akan disambut oleh Albert Einstein. Nah destinasi selanjutnya adalah Science Center. Disini kitra bisa melakukan percobaan dengan metode ilmiah dan fisika. Cukup menarik disini. Kita bisa mencoba bercermin dan pantulan diri kita bisa jadi banyak. Hingga percobaan-percobaan ilmiah dan fisika lainnya.

Lalu kita menuju ke taman buah dan sayur. Disini ada kita bisa melihat banyak buah-buahan dan sayuran serta informasi di papan yang telah disediakan. Kita bisa tahu manfaat dari buah dan sayur tersebut. Nah, sangat menarik bukan kita bisa belajar tentang buah dan sayur serta melihat bentuk aslinya. Duh, jiwa berkebunku meronta-ronta nih. Jadi pengen punya kebun beneran gak cuma di hayday saja hahah.

Setelah taman buah dan sayuran, perjalanan selanjutnya adalah Taman Sejarah. Belum capek kan bun bacanya? Soalnya Jatim Park ini luas banget dan tiap area tuh temanya berbeda-beda ya hehe. Nah di taman sejarah ada replika candi-candi jaman prasejarah dulu.

Next, diorama momentum sejarah bangsa. Disini diperlihatkan replika jaman masa penjajahan. Dimana para pahlawan berjuang untuk merebut kemerdekaan dan melawan para penjajah. Lewat diorama ini kita bisa kilas balik tentang perjuangan para pahlawan, menjadikan kita bersyukur atas hidup kita saat ini. Bisa menikmati hasil jerih payah pahlawan sehingga kita bisa berada di Indonesia saat ini tanpa ketakutan akan para penjajah.

Next, Keraton Nusantara. Disini diperlihatkan replika keraton-keraton yang ada di Indonesia. Total ada 12 keraton disini. Ini menambah wawasa kita mengenai keraton nusantara. Wah, makin kesini semakin kagum dengan Indonesia. Jatim Park ini benerbener keren, membuka wawasan Indonesia banget!

Next, Rumah Pemilu Indonesia. Nah ini wahan baru diresmikan tahun 2019. Ini bertujuan untuk menunjukan kepada masyarakat tentang pemilu di Indonesia.Ada juga miniatur denah tata cara pemungutan suara.

Next, kita melewati replika tentang cara hidup orang pada jaman prasejarah. Dari perburuan hingga tata cara pembuatan tempat ibadah.

Nah sebelah kanannya, ada replika hewan mitologi pada cerita-cerita mitos jaman dulu. Seperti halnya singa bersayap, gajah duduk dll. Entah sebenarnya itu ada apa engga, namun menurut cerita-cerita jaman dulu itu ada. Yah, namanya juga mitos.

Next, taman bermain! Nah setelah kita belajar banyak hal saatnya kita untuk refreshing dengan menaiki wahana-wahana yang tersedia. dari yang ringan sampai ekstrim pun ada. Tak lupa waterboom juga nih.  Aku hanya main ke rumah hantu dan ayunan saja haha. Karena aku gakmau yang ekstrim-ekstrim. alasannya, takut mabok :D

Next, setelah puas main wahana, destinasi selanjutnya adalah Fish Park. Disini banyak sekali jenis ikan. Masuk sini cenderug bau amis ikan ya. Jadi, betah-betahin aja. Ikannya pun beraneka rupa, ada arwana, lobster dll.

Next, kita mau nonton bioskop 3D! Penasaran sama filmya yang berdurasi 20menitan. Kita harus mengantri lama nih gara-gara nunggu sesi sebelumnya. Setlah itu kita masuk dan akan dibagikan kacamata 3d. Nah menurutku filmnya tuh biasa saja hehe.. Cuma seru lah efek kaget-kagetnya berasa kaya nyata.

Next, ada pasar buah dan foodcourt kita lalu tembusnya jalan keluar. Fiuh capek juga explore Jatim park 1 ini. Namun menyenangkan. Keluar dari area Jatim Park 1, kita lalu menuju museum tubuh. Disini ketika kita masuk,kita akan berasa masuk ke tubuh kita. Disini dijelaskan pengetahuan tentang tubuh. Kita jadi tahu fungsi organ-organ yang ada di tubuh kita, diharap bisa menjaganya dengan sebaik mungkin. Wah menarik sekali sih ini.

3 comments :

1. Aku pernahnya ke jatim park 2 kak, itu pun waktu SD udah lebih dari 10 tahun lalu. Jadi pengen deh main ke jatim park lagi. Tahun lalu ke malang urusan kerjaan cuma sempat mampir makan bakso aja :D

2. Duh, kangen Batu saya tuh, tapi masih parno banget jalan ke tempat wisata rame gini.

apalagi pas liburan gini.
    Rame banget tuh.

Berharap dengan sangat, kapan ya pandemi berakhir, biar ga was-was pas kita mau bepergian :(

3. Aku baru 1 kali main ke Jatim Park 1 :) Zaman anak2ku masih kecil dulu hehehe. Ternyata masih banyak area yang belum sempat dimampirin hehehe. Maybe next vacation mau donk :D

silahkan berkomentar sesuka hati disini..