Unforgetable Magang

by - 12:43 PM

selamat siang!
lama sekali kata-kataku tak tercurah disini. karena kesibukan yang melenakanku sehingga aku terlalu berkutat dengan kegiatan-kegiatan kampus dan organisasi.
terkahir ngepost adalah bulan januari. bisa dilihat, postingan bulan januari adalah tentang hujan. kesukaanku dengan hujan.
sekrang sudah bulan mei, hujan yang aku idam-idamkan dan selalu aku kagumi disetiap derasnya.. kini pulang istirahat dengan digantikannya sinar matahari yang menyengat pada siang hari.
ceritaku akan kembali ngeksis disini..
here we go!


cerita yang sangat lama sekali.. awal bulan januari.
aku dan teman-teman yang satu kota denganku, mengadakan magang di perpustakaan daerah jepara. kami berempat. aku, peni, adisti dan yessi. kami berempat sepakat untuk magang di liburan bulan januari selama 2 minggu.
tidak ada pakaian khusus untuk magang, hanya memakai jas alamamter Undip. celana boleh bebas. bahkan kami pun magang memakai jins, hehe.. gak formal sebenernya.. tapi ibu petugas pun tak ada masalah dengan atribut yang kami kenakan, asalkan memakai jas almamater.
selama 2 minggu ini kami meminmba ilmu di perpusda. banyak sekali ilmu yang kami dapatkan disini. bagaimana cara menginput buku di software khusus di perpusda.. adalah pengalaman pertama kami. banyak buku yang harus di input. kami pun belajar bagaimana penataan rak, diinput dalam komputer dulu kemudian ditaruh dirak. penataan rak berguna untuk membantu pemustaka yang ingin mencari literatur sesuai kebutuhannya, dengan adanya penataan rak pustakwan pun tak akan kesusahan  memberi tahu dimana buku tersebut di rak mana.
kemudian kami belajar mengklasifikasi buku. kebanyakan kami mengklasifikasi buku-buku pemerintahan dan referensi. memberi cap dibukunya pun tak lupa kami kerjakan setelah klasifikasi selesai.
yang paling seru selama magang ini adalah kami diberi kesempatan untu ikut perpustakaan keliling di desa-desa yang ada dijepara!
seru sekali. kami menggunakan mobil perpustakaan dan keliling di sekolah satu ke sekolah yang lain di desa di kabupaten jepara yang belum memiliki perpustakaan. di perpusda menyediakan mobil yang berisi buku-buku untuk dipinjamkan disekolah yang membutuhkan. 
waktu bagianku, aku dapat didaerah mlonggo. setelah keliling-keliling didaerah mlonggo, aku dapat traktiran mie ayam.. hehe.. mayan og
selama 2minggu ini sangat menyenangkan sekali. kami bisa tahu kerjanya secara nyata di perpustakaan itu bagaimana, kehidupan kantor itu gimana.. yang aku pikir kehidupan kantor ini sangat kaku, ternyata salah.. banyak canda tawa yang tercipta dengan petugas-petugas di perpusda.
pingin magang lagi diperpusda.. seru sekali..

You May Also Like

0 comments

silahkan berkomentar sesuka hati disini..