#10yearschallenge sebagai Ajang Intropeksi Diri

by - 11:44 AM

Minggu-minggu ini netizen di jagad maya sedang heboh dengan sebuah challenge yang meminta mereka untuk menunjukan masa lalunya! Trend tersebut bernama #10yearschallenge. Jadi, mereka memasang fotonya di Instagram dengan menjajarkan 2 foto mereka, yang sisi kiri adalah foto tahun 2009 dan sisi kanan 2019.  Namun ada juga yang memasang foto-foto jadul mereka, nggak harus persis tahun 2009.

#10yearschallenge ini membuatku menerawang jauh mengenai 10 tahun lalu ketika aku masih kelas 2 SMA hingga sekarang aku sudah bekerja disebuah instansi pendidikan. Aku bertanya-tanya apakah 10 tahun hidupku ini aku menghabiskan waktuku dengan tepat? Lalu, soal mimpiku yang aku genggam ketika kelas 2 SMA, apakah aku sudah mencapainya?




  • 10 tahun yang lalu umurku 16 tahun. Sekarang umurku 25 tahun, tapi juli 2019 sudah 26. (OMG. Time flies so fast!!!!)
  • 10 tahun yang lalu tiap hari datang ke sekolah. Sekarang juga tiap hari datang ke sekolah kecuali sabtu dan minggu (ya, lawong kerjaku di sekolah :D)
  • 10 tahun yang lalu hobiku baca buku dan bukunya pinjem di Perpusda. Sekarang, baca buku di perpus sekolah tempatku bekerja wkkwkwkw)
  • 10 tahun yang lalu makanan favoritku adalah mie pangsit harga 5ribuan. Sekarang, tidak ada yang spesifik, berubah-ubah sesuai mood)
  • 10 tahun yang lalu artis idolaku adalah Zac efron hahaha! Sekarang, siapa ya? Mikir keras.
  • 10 tahun yang lalu tipe hapeku nokia 3500, kameranya 1.3mp. Sekarang,OPPO A71.
  • 10 tahun yang lalu aku paling suka ngedit foto pake photoshop or photoscape, main facebook, hahahihi sama temen-temen. Sekarang sukanya.... Piknik! 
  • 10 tahun yang lalu aku paling benci kalau banyak PR. Sekarang, paling benci kalau gak punya duit hahaha.
Tadi adalah beberapa pertanyaan dari ig stories @boxofanswer.id di instagram stories tentang #10yearschallenge ini.


Banyak hal yang berubah dalam hidupku selama 10 tahun ini. Apalagi sempat merantau di Semarang untuk kuliah dan bertemu banyak manusia dari berbagai daerah, membuatku makin terbuka pikirannya. Membuatku lebih menghargai berbagai perangai manusia. 

#10yearschallenge ini untuk kita melihat sejauh mana kita sudah melangkah. Untuk intropeksi diri agar hidup kita bisa lebih baik lagi daripada 10 tahun yang lalu. Tak hanya fisik saja yang dikenang, kepribadian juga perlu diperhatikan. 

Tahun ini saatnya kita untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi dari 10 tahun sebelumnya. Memanfaatkan waktu yang sekarang lebih cepat ritmenya dengan baik supaya waktu tidak terbuang sia-sia. Dan, menjadi pribadi yang banyak manfaatnya daripada menjadi seonggok daging yang diberi nyawa. 


You May Also Like

20 komentar

  1. wah masih inegt aja 10 tahun yang lalu gimana.
    kalo saya sih udah lupa tuh 10 tahun itu kapan dan ngapain aja.
    tandanya saya udah terlalu tua. hahahah

    ReplyDelete
  2. Terus membaca artikel ini saya berpikir keras, siapa itu Zac Efron. Maklum, tahun 2009 saya sudah kerja berapa tahun... nggak ngikutin film remaja.

    ReplyDelete
  3. perjalanan 10 tahun cukup panjang ternyata ya kak. banyak milestone yang terlewati. semangat kak tahun ini demi 10 tahun ke depan yang sangat cerah :D

    ReplyDelete
  4. "menjadi pribadi yang banyak manfaatnya daripada menjadi seonggok daging yang diberi nyawa"
    Noted banget kak :)

    ReplyDelete
  5. Banyak yang berubah ya. Hihi.. apapun perubahan itu, semoga makin baik. ❤️❤️❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  6. Eh, kebetulan banget baca artikel ini! Saya juga lagi pengen tulis tentang challenge itu, hehhe..

    ReplyDelete
  7. Wah mba, kita sepertinya seumuran. 10 tahun yg lalu kelas 2 SMA hehehehe


    ReplyDelete
  8. Banyak yang berubah selama 10 tahun ini. Saya hamil anak ketiga dan pindah ke rumah sendiri. Mulai menata hidup setelah hidup nomaden bersama suami.

    ReplyDelete
  9. Eh banyak yang brubah selama 10 tahun. jadi penasaran saya sama versi #10yearschallenge saya, hehe..

    ReplyDelete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Sayangnya untuk 10 years Challenge aku gak punya untuk foto thn 2009, pada thn tersebut aku belom megang hp kadang suka iri ya anak jaman sekarang udh bisa pegang hp. Sebab aturan orang tua saya melarang di usia dini sudah memegang hp karena dampaknya juga tdk baik untuk anak

    muhammadiqbalbasri.blogspot.com

    ReplyDelete
  12. waduh kita seangkatan nih nampaknya... 10 tahun yang lalu udah SMA, sekolah sistem asrama... sekarang 25 udah kerja, makan makin banyak, mau makan aja bisa karena udah punya gaji sendiri, dulu ga punya hp sekarang pake vivo, haha

    tapi gimanapun pengennya makin baik kedepannya

    ReplyDelete
  13. 10 tahun yang lalu taunya Korea cuma Gujunpyo.
    Hp masih nokia dan kalau mau selfie hpnya dibalik ya haha.
    Mp3 minta Bluetooth dari temen.

    ReplyDelete
  14. hai mba, saya termasuk yang gak ikutan posting photo #10yearschallenge tapi melihat bbrpa kawan posting, buat saya berpikir dan introspeksi diri, bukan hanya wajah/tubuh kita yang berubah tapi bagaimana pribadi kita skrg ini, semoga menadi manusia yang lebih baik lagi :)

    ReplyDelete
  15. Nah setuju. Terlepas dari pro kontra challenge ini, aku setuju kalau ini bisa jadi sarana introspeksi diri selama 10 tahun ini udah ngapain aja :)

    ReplyDelete
  16. waaaa jadi pengen nulis #10yearschallenge juga mbakkk ^^ makasih inspirasinyaaa yak~

    ReplyDelete
  17. Betulll, selain ajang 'pamer' foto before-after, #10yearchallenge ini juga bisa sebagai ajang evaluasi diri ya. Agak-agak mellow juga sih flashback 10 tahun yang lalu, tapi bangga juga bisa sampai seperti hari ini (:

    ReplyDelete
  18. ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚samaan kita. Paling benci kalo gak punya duit๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  19. Wah hebat banget masih suka baca ke perpustakaan! Jadi pengen nulis #10yearchallenge juga deh...

    ReplyDelete

silahkan berkomentar sesuka hati disini..