Charge Iman: Hati yang Sakit

by - 8:22 PM

images by pixabay.com

Minggu (20 Januari 2019), Tema kajian kita pada hari ini adalah Hati yang Sakit. Pengisi materinya adalah Ustadz Ah Harris. Beliau meyatakan bahwa hati adalah penentuan sifat seseorang. Jadi, kita bisa melihat seseorang itu dari hatinya, baik buruknya bisa dilihat disana.

Hati-hati dengan hati, karena hati tempat bersemayamnya setan. Karena itu, banyak penyakit hati yang tercipta. contohnya adalah sombong, iri, dengki, riyak, kebencian dll. Hal ini timbul karena perasaan kita. Makanya, jagalah hati jangan kau nodai~

Kadang fisik kita merasakan sakit, tahukah kamu bahwa itu adalah pertanda bahwa hati kita sedang kotor. Bahkan ketika kita sedang banyak masalah, merasa hidup kita sangat amburadul dan merasa beban hidup sangatlah banyak. Lalu, cobalah periksa hati kita, apakah kita sudah betul-betul beriman kepada Allah? Apakah kita sudah khusyuk dalam menjalankan perintah Allah. Makanya, hati kita perlu diobati segera mungkin. Bagaimana pengobatannya? Bacalah alqur'an.

Sebaiknya kita banyak-banyak instropeksi diri. Sering-sering mengevaluasi diri kita, mengecek dosa apa yang sering kita lakukan dan penyakit hati apa yang mengendap dalam diri kita. Dosa yang kita lakukan pun berefek pada diri kita, harta kita dan keberlangsungan hidup kita.

Setan itu gampang masuk ke hati kita. Apalagi kalau kita sering sambat, mengeluh, engga ridho sama ketetapan Allah yang diberikan ke kita. Nah,biar kita tidak terhasut oleh godaan setan, kita perlu ganti pola pikir kita. Lalu, kita mulai memperbaiki diri kita, melangsungkan kehidupan sesuai sunnah Nabi Muhammad SAW dengan syariat islam yang baik dan benar.

Tips dari Ustadz A Harris:
  • Jika kita merasa marah hal yang harus kita lakukan adalah muhasabah diri.
  • penyucian diri kita, dengan cara taubat nasucha,
  • hijrah, dari yang bid'ah menjadi sunnah. Dari yang baik menjadi lebih baik lagi. 
Cara agar terlepas dari keburukan:
  • Sholat tepat waktu
  • Aurat dijaga
  • Banyak istighfar
  • sedekah tiap hari
Banyak masalah dalam hidup kita. Seringkali kita menyalahkan keadaan sekitar. Padahal, alangkah baiknya kalau kita tidak menilai masalah itu dari 'luar cangkangnya'. Coba telisik lebih dalam lagi, semua kejadian yang menimpa kita, sudah mendapatkan izin dari Allah. Maka dari itu, daripada menghabiskan waktu untuk marah-marah gak jelas, nyalahin orang-orang, dan sedih berekepnjang. Hey! Tak perlulah seperti itu, kita minta saja sam Allah untuk selalu dibimbing agar kluar dari masalah tersebut dengan jalan yang baik. Kita juga perlu membersihkan hati, agar ketika dibimbing sama Allah kita bisa peka terhadap petunjuknya. Intinya, kita harus yakin sama Allah. Allah maha kuasa di dunia ini. 

~~~~~~~~~~
Yas, tadi adalah penjelasan dari Ustad Haris mengenai hati yang sakit. Sakit bukan karena putus cinta, ditolak gebetan, atau susah move on ya.. Tapi lebih ke penyakit-penyakit hati yang dapat memadamkan aura kecantikan kita, wkwkw. Yuk sama-sama untuk menjaga hati kita agar terus bersih dan terhindar dari penyakit. Era millenials ini banyak sekali orang berbicara sekenanya mereka, kadang tak mementingkan perasaan seseorang. Anggap saja, itu adalah ujian pada hati kita, agar sabar dan tidak ikut-ikutan melakukan tindakan seperti itu.


You May Also Like

9 komentar

  1. bener banget! Penyakit hati memang susah sembuhnya daripada sakit gigi haha

    ReplyDelete
  2. Jagalah hati, jgn kau kotori
    Jagalah hati, lentera hidup ini
    ^_^

    ReplyDelete
  3. Wah sangat bermanfaat. Makasih sharingnya mbak. Harus sering-sering muhasabah nih biar hati selalu terjaga. Ayo semangat terus buat memperbaiki diri untuk kita. Salam, muthihauradotcom

    ReplyDelete
  4. Pagi2 baca Nasehat yang sangat bermanfaat.. Terima kasih ya? Smoga kita semua dijauhkan dari penyakit Hati. Amin ya Rabb..

    Salam kenal..
    dari followers ke 68 :)

    ReplyDelete
  5. Terima kasih sharing nya mbak. Soal yang sholat emang bener banget :)
    Perbaiki sholat kita, maka Allah akan perbaiki urusan kita

    ReplyDelete
  6. Penyakit hati kadang dimulai dari baper, lalu segala hal jadi menimbulkan sakit hati.
    Jadi tercerahkan lagi baca ini mba :)

    ReplyDelete
  7. Minta pertolongan dan berkomunikasi langsung kepada Allah SWT memang dapat mencegah kita untuk memupuk rasa sakit hati yang bila dipupuk akan menjadi penyakit hati. Nice post!!

    ReplyDelete
  8. aku pikir tadi mau nyambung ke lagu yang hati-hati menjaga hati punya Mulan Jameela.. hahahaha

    Kalau masalah hati emang rawan, adanya malah bisa kena penyakit. Akupun berusaha sholat tepat waktu, rasanya tuh kalau tepat waktu merasa bangga.

    ReplyDelete

silahkan berkomentar sesuka hati disini..